Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Modem Dan Jenis - Jenisnya

Mengenal Modem Dan Jenis - Jenisnya
Mengenal Modem Dan Jenis - Jenisnya
Pengertian Modem Dan Jenis - Jenis Modem - Assalamualaikum sobat semua, bertemu kembali dengan saya di Adzkia Sharing, Sebelumnya saya bagikan artikel mengenai dasar komputer yakni pengenalan mouse dan jenis - jenis mouse, dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan dasar komputer lainnya yang berkaitan dengan hardware.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang Modem. Silahkan simak dengan baik ya :).

Pengertian Modem (communication device)

Modem adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui telepom, line kabel, dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi (ISP) lainnya. Modem sebenarnya merupakan singkatan dari modulator-demodulator.

Fungsi-Fungsi Modem

Ada dua fungsi utama modem. yaitu :

  1. Melakukan modulasi sinyal digital ke analog untuk ditransfer.
  2. Melakukan demodulasi sinyal untuk mengembalikan sinyal ke bentuk digital sehingga mempresentasikan informasi tertentu.
Jadi, fungsi modem secara sederhana dalah mengubah sinyal analog menjadi digital dan mengubah sinyal digital menjadi analog. Dengan demikian, data dapat dikirim melalui media apapun yang mampu mentransmisikan sinyal analog, mulai dari dioda sampai radio.

Sinyal digital adalah sinyal yang memiliki serangkaian switch elektronik yang diwakili oleh fitur hidup (diawali angka 1) dan fitur mati (diawali angka 0). Dengan petunjuk fitur ini serta kombinasi angakanya maka komputer dapat menghasilkan data berbentuk teks, grafik dan sebagainya. Sedangkan sinyal analog adalah sinyal berbentuk gelombang melalui beberapa media telekomunikasi. Data serta informasi diproduksi berdasarkan kekuatan gelombang serta tahap frekuensinya. Jadi, fungsi modem adalah mengubah sinyal yang berbentuk fitur 1 dan 0 menjadi isyarat yang berbentuk gelombang serta frekuensi, begitu juga sebaliknya.

Selain itu modem mempunyai kemampuan menjadi fax modem. Fax modem ini bekerja seperti faksimil, dengan sebuah software yang dirancang khusus, dapat mengubah modem menjadi sebuah mesin faksimil, dimana modem mengubah dokumen digital menjadi sinyal analog dan dibangkitkan kembali menjadi file gambar jika yang menerima kembali adalah fax modem atau menjadi dokumen tercetak jika yang menerima adalah mesin faksimil.

Jenis-Jenis Modem

Berdasarkan pemasangan pada perangkat komputer modem terdiri dari dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal.

Modem Internal

Modem Internal adalah jenis modem yang dipasangkan langsung pada bagian dalam CPU misalnya pada slot PCI (pada motherboard tertentu sudah dilengkapi modem dari pabriknya). Karena telah terpasang di dalam CPU, maka modem jenis ini tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi. 

Penggunaan modem jenis ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain :
  1. Lebih Hemat Tempat
  2. Lebih Murah dibanding Modem Eksternal
Selain itu, modem ini juga memiliki kelemahan, antara lain :
  1. Tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software).
  2. Tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga harus dicatu dari power supply pada CPU.
  3. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.

Modem Eksternal

Modem Eksternal adalah modem yang dipasangkan di luar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB dan Kabel LAN. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah
  1. Portabilitasnya yang cukup baik sehingga mudah dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain.
  2. Tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. 
  3. Dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem.
Selain itu, Modem ini juga mempunyai kerugian, antara lain :
  1. Harga lebih mahal dibandingkan dengan modem internal.
  2. Membutuhkan tempat sendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.

Sedangkan Berdasarkan jaringan atau media penghubungnya, modem terdiri dari dua jenis, yaitu :

Modem Kabel

Modem Kabel merupakan modem yang aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya jaringan kabel telepon. Pada awalnya, kabel hanya terdiri atas modem eksternal saja, yaitu dihubungkan ke PC via kabel serial melalui COMx yang menggunakan kabel DB-9 atau DB-25. Beberapa tahun kemudian setelah modem menjadi kebutuhan pokok, muncullah modem internal, yaitu yang tertanam langsung di motherboard.

Pada periode 1990-an ditawarkan juga koneksi kabel digital dari sentral telepon ke rumah pelanggan menggunakan fiber optik yang merupakan realisasi dari jaringan telepon ISDN (leased line dengan kecepatan 144kbps). Kemudian setelah tahun 2000, muncul teknologi baru pengganti fiber-optik yang dikenal dengan nama modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line atau kabel pelanggan digital asimetrik). Koneksinya menggunakan modem digital di dua sisi, yaitu sisi pelanggan dan sisi sentral telepon. Selain menggunakan jaringan telepon, modem kabel juga bisa menggunakan jaringan TV kabel.

Modem Wireless

Modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya. Kekurangan dari modem jenis ini adalah kecepatan dapat melemah atau berkurang jika cuaca di sekitarnya tidak mendukung seperti hujan lebat atau angin kencang. Sedangkan kelebihan dari modem ini adalah mudah dibawa dan mudah dipindahkan sesuai keinginan. Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.

Demikian dulu artikel mengenai Mengenal Modem Dan Jenis - Jenisnya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan ilmu komputer kalian. Sekian, Salam Indonesia...

Post a Comment for "Mengenal Modem Dan Jenis - Jenisnya"