Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Mouse Komputer dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Mouse Komputer dan Jenis-Jenisnya
Mengenal Mouse Komputer dan Jenis-Jenisnya - Assalamualaikum sobat indonesia, berjumpa kembali dengan Blog Adzkia Sharing, pada kesempaan kali ini saya akan bagikan ilmu tentang dunia komputer, sebelumnya saya bagikan mengenai pengertian jaringan dan jenis jenis jaringan komputer, dan pada kesempatan kali ini saya akan bagikan pemahan dasar komputer lainnya yang berkaitan dengan hardware komputer. kali ini saya akan menjelaskan tentang mouse komputer. jadi silahkan simak dengan baik OK :).

Pengertian Mouse Komputer.

Mouse adalah perangkat keras (hardware) yang dihubungkan ke pc baik melalui media kabel ataupun media wireless (tanpa kabel), perangkat berfungsi untuk menggerakan pointer, menunjukan perintah atau program pada layar monitor dan juga untuk memasukkan data ke dalam komputer. Perangkat ini dinamakan mouse karena pada waktu itu piranti ini berbentuk seperti mouse (tikus). Disamping itu, kabel yang tersambung dengan mouse yang terhubung dengan komputer bentuknya seperti ekor tikus.

Fungsi Mouse Komputer.

Berikut fungsi-fungsi dari mouse komputer :
1. Memberikan perintah masukan oleh pengguna kepada komputer agar perintah dari pengguna dapat dibaca dan diproses oleh komputer.
2, Menggerakkan pointer pada layar monitor komputer, dimana fungsi pointer sebagai penunjuk dan pengarah program-program dan perintah yang tampak pada layar monitor.
3. Mempermudah pemberian komando yang dahulunya berupa sandi-sandi yang harus diinput melalui keyboard dengan sebuta "klik".
4. Mendeteksi gerakan dua dimensi terhadap posisi mouse.
5. Menyediakan tombol langsung pada perintah-perintah tertentu (shortcut) yang ada pada tombol kanan mouse.
6. Menyediakan tombol langsung pada perintah-perintah tertentu (shortcut) yang ada pada tombol kanan mouse.
7. Mempermudah scroll up atau scroll down pada lembar kerja yang tampak pada layar monitor.

Mouse yang rata-rata dipakai oleh pengguna komputer rumahan adlah mouse yang berkabel walaupun sekarang mulai beralih ke mouse wireless (tanpa kabel). Mouse memiliki dua tombol masing-masing dikiri dan dikanan yang bisa diklik. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan mengunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata. Mouse Terbaru sudah tidak menggunakan bola lagi tetapi menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan pemakai. Selain itu juga, sekarang kebanyakan pengguna komputer sudah tidak lagi menggunakan mouse berkabel tapi sudah menggunakan mouse wireless, baik itu berbasis radio, inframerah maupun bluetooth.

Jenis Jenis Mouse Komputer

Jenis Jenis Mouse Berdasarkan Sensornya

Jika dilihat dari sensornya, mouse ada 3 macam :
Mouse Mekanik
Mouse Mekanik adalah mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet.logam disisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuari arah tersebut.

Mouse Optomekanik
Mouse Optomekanik adalah mouse yang memiliki kesamaan dengan mouse mekanik tapi yang membedakan mouse ini memiliki sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse,

Mouse Optik
Mouse Optik adalah mouse yang menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse.

Jenis Jenis Mouse Berdasarkan Portnya

Jika dilihat dari portnya, mouse ada 4 macam :
Mouse Serial
Mouse Serial adalah mouse yang terhubung ke komputer menggunakan port serial. Mouse sudah sangat jarang dipakai orang. Biasanya mouse ini digunakan pada komputer model lama, pada era Pentium 1 dan Pentium 2

Mouse PS/2
Mouse PS/2 adalah mouse yang terhubung ke komputer mengunakan port PS/2. Mouse digunakan pada komputer model lama, pada era Pentium 3 dan Pentium 4. Jenis mouse ini sangat banyak beredar di pasar, tapi sekarang mouse ini sudah jarang digunakan karena sekarang laptop baru tidak mempunya port PS/2 dan hanya komputer yang masih memiliki port PS/2, mouse ini dipasang pada port PS/2 di motherboard yang biasanya berwarna hijau.

Mouse USB
Mouse USB adalah mouse yang terhubung ke komputer menggunakan port USB. Mouse jenis ini sudah umum digunakan oleh masyarakat luas, karena komputer dan laptop mempunyai port USB.

Mouse Corldless/Wireless
Mouse Wireless adalah mouse yang terhubung ke komputer menggunakan sinyal/tanpa kabel. Jenis Mouse ini menggunakan sinar inframerah atau sinyal bluetooth untuk mengubungkan ke komputer, kelebihan mouse ini adalah kita tidak perlu disusahkan dengan kabel yang berkeliaran kemana-mana dan disamping itu mouse ini mempunyai jangkauan jarak dari komputer jauh.

Demikian dulu artikel tentang Mengenal Mouse Komputer dan Jenis-Jenisnya, semoga bermanfaat dan menambah ilmu kalian tentang komputer, sekian, Wassalamualaikum Wr.Wb

Post a Comment for "Mengenal Mouse Komputer dan Jenis-Jenisnya"