Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal TV Tuner Dan Bagian - Bagiannya

Mengenal TV Tuner Dan Bagian - Bagiannya
TV Tuner Eksternal
Mengenal TV Tuner Dan Jenis - Jenisnya - Assalamualaikum Wr.Wb sobat semua, sebelumnya saya bagikan pengetahuan dasar hardware pada komputer yaitu Webcam, dan pada kesempatan kali ini saya bagikan lagi pengetahuan dasar hardware komputer lainnya, disini saya akan membahas tentang TV Tuner, mungkin dari anda ada yang belum mengenal tentang hardware peripheral ini. Jadi, silahkan dengan seksama ya.

Pengertian TV Tuner (Multimedia Device)
TV tuner merupakan perangkat multimedia yang memungkinkan komputer dapat menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada monitor komputer. Ada jenis TV tuner internal yang dipasang pada slot ekspansi komputer dan ada juga jenis TV tuner eksternal yang bisa langsung dihubungkan ke monitor komputer . Pada input TV tuner saja membutuhkan sinyal yang diterima melalui antena, jadi seperti halnya pada televisi, TV tuner juga membutuhkan antena.

Untuk menggunakan TV tuner jenis internal, maka anda harus memiliki satu unit komputer multimedia yang spesifikasi minimalnya sebagai berikut :

  • Processor 500 Mhz
  • RAM 128MB
  • Sound Card
  • VGA Card
  • Speacker Active
  • Antena Televisi
Biasanya kartu ini dipasang di slot PCI (Peripheral Component Interconnect) pada motherboard. Sedangkan untuk TV Tuner jenis eksternal anda tidak perlu lagi memiliki spesifikasi minimal seperti disebutkan sebelumnya, namun anda hanya perlu satu buah layar monitor.

Bagian - Bagian TV Tuner

Sebuah TV Tuner terdiri dari beberapa bagian utama, di antaranya bagian input, bagian konversi data dan bagian output.

Bagian Input

Sebagaimana perangkat Televisi Analog, TV Card dilengkapi dengan Analog TV Tuner yang berfungsi sebagai terminal sinyal input. Pada beberapa TV Tuner, dilengkapi juga dengan FM Tuner sebagai fitur tambahan.

Selain itu, TV Tuner juga dilengkapi dengan Jack Video Input. Pada beberapa TV Card, disertakan pula input audio-video untuk memutar dan capturing dari perangkat video atau kamera.


Unit Pemroses

Bagian ini adalah sebuah chip yang bertugas sebagai tempat konversi dari sinyal analog yang diterima oleh tuner diubah menjadi sinyal-sinyal digital. Kinerja unit pemroses ini dibantu oleh sebuah memori ROM (Read Only Memory) yang berisi database TV Card yang telah terprogram sebelumnya.

Bagian Output

Outpur dari TV Card yang berupa video diproses dan terhubung dengan slot ekspansi pada motherboard. Umumnya TV Card menggunakan slot PCI untuk menunjang transfer data dengan computer. Bagian output audio memiliki jalur terpisah, yaitu masuk ke bagian audio input pada motherboard.

Nah, itulah Penjelasan tentang TV Tuner dan Bagian-bagiannya, smoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, sekian dan Wassalamualaikum Wr.Wb.

Post a Comment for "Mengenal TV Tuner Dan Bagian - Bagiannya"