Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Webcam dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Webcam dan Jenis-Jenisnya
Webcam
Pengertian Webcam dan jenis-jenisnya - Assalamualikum Wr.Wb sobat semua, berjumpa kembali dengan saya di blog sederhana ini, sebelumnya saya bagikan pengetahuan dasar mengenai hardware komputer, yaitu pengenalan modem dan jenis jenisnya, dan sekarang saya bagikan artikel lanjutan tentang perangkat keras komputer, yaitu Webcam. jadi silahkan simak dengan baik dibawah ini.

Pengertian Webcam (Web Camera)

Webcam adalah sebuah kamera video digital kecil yang baisanya dihubungkan ke komputer melalui port USB ataupun port COM. Webcam terdiri atas sebuah lensa, sensor gambar (image sensor), dan sirkuit elektronik pendukung. Sensor gambar dapat berupa CMOS dan CCD. Gambar yang diambil oleh webcam ditampilkan ke layar monitor, karena dikendalikan oleh komputer, maka ada interface atau port yang digunakan untuk menghubungkan webcam dengan komputer atau jaringan. Webcam pada umumnya tidak membutuhkan kaset atau tempat penyimpanan data. Data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer

Webcam dilengkapi dengan peralatan tambahan, yaitu :

  1. Kabel data merupakan kabel penghubung antara webcam dengan komputer/periferal lainnya.
  2. Tombol snapshot adalah tombol untuk pengambilan gambar bergerak dan menyimpan dalam bentuk foto.
  3. Pengatur fokus digunakan untuk mengatur lensa agar gambar yang ditampilkan jelas.
  4. Lensa Kamera digunakan untuk mengambil gambar/video. Lensa kamera yang sering digunakan adalah lensa plastik yang dapat digerakan (diputar) oleh pengatur fokus. Webcam membutuhkan resolusi VGA rata-rata 25 frame/detik, atau dengan resolusi yang lebih tinggi 1,3 megapixel.

Jenis-Jenis Webcam

Ada beberapa jenis webcam, di antaranya sebagai berikut.

Serial and Parallel Port Webcam

Webcam jenis ini sudah terlalu tua dan jarang ditemukan lagi, karena sudah tidak ada yang memproduksi. Selain itu, kamera jenis ini menghasilkan kualitas gambar yang rendah dan frame rate yang rendah pula.

USB Webcam

Webcam jenis ini mendukung fasilitas PnP (Plug and Play) dan dapat dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan komputer, tetapi syaratnya sistem operasi komputer harus mendukung fasilitas USB port.

Firewire and Card Based Webcam

Firewire Webcame adalah salah satu teknologi video capture device yang diperlukan bagi kamera yang mendukungnya. Webcam jenis ini dapat menghasilkan frame rate tinggi, yaitu 24 sampai 30 frame per second (fps).

Card Base Webcame suatu Webcame yang dapat membaca ID Card, Kartu ATM, dll yang memiliki code-code tertentu.

Network and Wireless Camera

Network Camera adalah perangkat kamera yang tidak memerlukan sama sekali fasilitas komputer, karena dapat lansung terhubung ke jaringan melalui modem. Transfer gambar dan suara langsung menuju jaringan LAN atau line telepon via modem.

Demikian dulu artikel mengenai Mengenal Webcam dan Jenis-Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan Wassalamualaikum Wr.Wb

Post a Comment for "Mengenal Webcam dan Jenis-Jenisnya"