Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya
Jaringan Komputer
Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya - Assalamualaikum Indonesia, Kali ini saya akan bagikan artikel dari saya mengenai pengenalan tentang dunia jaringan. jadi disini saya akan jalaskan tentang pengertian jaringan komputer sekaligus jenis jenis dalam jaringan komputer. Silahkan simak dengan baik ya :).

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer dan peralatan lainnya yang saling terhubung dengan mengikuti protocol tertentu. Informasi dan data bergerak melalui media transmisi sehingga dapat saling bertukar data.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

1. PAN (Personal Area Network)

Jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

Contoh : Menghubungkan HP/Mouse/Printer dengan laptop menggunakan Bluetooth.

2. LAN (Local Area Network)

Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer gedung, dalam rumah, sekolah, atau yang lebih kecil.

LAN menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twister-Pari, HUB, Switch, Router).

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Suatu Jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintah, dan sebagainya.
Contoh :
1. Jaringan Depdiknas di dala kota atau wilayah.
2. Jaringan Mall-Mall modern yang saling berhubungan di dalam kota.

4. WAN (Wide Area Network)

Jaringan komputer yang mencakup area yang besar, sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

5. Intranet

Sebuah jaringan komputer berbasi protocol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan WarNet (Warung Internet) pun dapat dikategorikan intranet.

Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan internet.

6. Internet

Dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu yang menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Demikian artikel mengenai Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Nantikan juga artikel tebaru lainnya. Sekian, Wassalamualaikum.

Post a Comment for "Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya"